Pra PON Basket XIX Wilayah Timur

Tumbangkan NTB, Tim Basket Putra Papua Barat Siap Hadapi Maluku

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comBerhasil mengalahkan, tim basket dari Nusa Tenggara Barat, tim basket putra Papua Barat, membuka peluang untuk memperoleh tiket lolos menuju PON di bandung Jawa Barat tahun depan.

Tim Basket Putra Papua Barat yang tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri mencoba bangkit kala menjamu NTB dalam lanjutan babak Pra kualifikasi PON Wilayah V Indonesia Timur yang digelar di Gedung Olahraga Sanggeng Manomwari, Kamis (19/11/2015).

Bermain dengan kekuatan penuh, basket Putra Papua Barat tancap gas untuk mengumpulkan nilai. Alhasil di kwarter pertama tim Papua Barat berhasil menundukan tamunya dengan skor 18 : 23.

Memasuki kwarter kedua, tim asuhan Patrick Gosal ini, kian melancarkan permainan Agresif yang diperlihatkan oleh kapten, Hengky Infandi, anak-anak Papua Barat tampil meyakinkan, meski NTB terus melancarkan serangan yang menutup kwarter kedua dengan skor 35 : 32 untuk kemenangan Nusa Tenggara Barat.

Rehat 15 Menit sebelum memasuki Kwarter ketiga, suntikan motivasi dari kedua Pelatih seakan membakar semangat kedua tim, hal tersebut membuat pertandingan kwarter ketiga berjalan cepat dengan tensi tinggi.

NTB yang ingin meriah kemenangan ketiga di babak Pra Kualifikasi PON ini tampil dengan serangan balik cepat. Seakan tak mau kalah, Papua Barat pun terus menggempur pertahanan NTB.

Dipenghujung kwarter ketiga, Papua Barat pun harus rela menelan kekalahan atas NTB dengan skor 54 : 48. Di kwarter keempat, Papua Barat yang didukung ratusan penonton, berhasil keluar dari tekanan tim tamu. Perjuangan tim kasuari ini berhasil unggul dengan skor  66 : 73. Kemenangan ini, membuka peluangnya untuk lolos ke PON Jawa Barat.   Tim kasuari, masih harus meladeni satu pertandingan melawan Tim Maluku.

Pelatih Kepala Basket Papua Barat, Patrick A Gosal mengakui, NTB merupakan lawan tersulit yang dihadapinya dalam iven Pra PON ini. Papua Barat harus bekerja ekstra keras untuk meriah kemenangan.

“Mereka Tim bagus dan saya respect dengan organisasi bermainnya, sedangkan untuk Papua Barat saya salut karena mereka bisa keluar dari tekanan apalagi mereka perlu kemenangan untuk membuka peluang lolos ke PON,”ujarnya.

Untuk itu dalam mengahadapi Maluku pada Jumat (20/11), Papua Barat dipastikan akan tampil habis-habisan demi menjaga peluang lolos ke PON 2016 mendatang. Sementara itu dipertandingan Putra lainya yang mempertemukanMaluku yang menghadapi Maluku Utara di menangkan oleh Maluku Utara dengan skor 93 : 67. |ADITH SETYAWAN | EDITOR TOYIBAN