Ilustrasi
Ilustrasi

Uang Rupiah Bergambar Frans Kaisepo dalam Proses Cetak

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Uang pecahahan Rp.10 ribu bergambar pahlawan nasional asal Papua, Frans Kaisepo sedang dalam proses cetak di perusahaan percetakan uang republik Indonesia (Peruri).

Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Riyanto di Manokwari, Jumat (18/11) mengatakan, presiden sudah memutuskan beberapa pahlawan nasional sebagai logo atau icon uang pecahan rupiah. Salah satunya adalah Frans Kasiepo, pahlawan nasional dari Papua.

“Saat ini sudah dalam proses di Peruri. Kita kan produksi dalam jumlah yang cukup, jika siap akan dalam waktu dekat segera diluncurkan dan diedarkan,” kata Erwin.

Dia menjelaskan, penetapan gambar pahlawan pada mata uang dilakukan melalui proses seleksi yang cukup panjang, termasuk Frans Kasiepo. Sebelum presiden memutuskan, penetapan mata uang bergambar pahlawan Papua ini sudah melalui persetujuan keluarga.

Erwin menambahkan, menyusul penerbitan uang baru tidak serta merta uang lama tidak berlaku. Keduanya masih beredar secara berdampingan dan akan ditarik secara bertahap.

Ia juga mengatakan, penetapan pahlawan nasional yang lain akan dilakukan melalui proses serta seleksi yang sama, termasuk pahlawan nasional asal Papua lainya. (IBN)

Tinggalkan Balasan