Ujian Nasional Online
Ujian Nasional Online

Ujian Online SMP Diusulkan Mulai 2017

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba mengatakan meski belum diprogramkan dalam anggaran Pemerintah Kabupaten Manokwari, namun pihaknya berencana menyiapkan beberapa sekolah yang akan  menerapkan Ujian Berbasis Komputer di tahun-tahun yang akan datang.

Sebagai langkah awal, tahun 2017 mendatang setiap sekolah yang telah ditunjang oleh fasilitas internet yang memadai, akan dilatih terus dalam pengoperasian Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Sehingga praktis, ujian online tersebut baru bisa diterapkan di tingkat SMP pada tahun 2018 mendatang.

“Saya tidak mau mendadak seperti kemarin, jadi kami siapkan fasilitasnya tahun 2017 dan pelatihan-pelatihannya, nanti di tahun 2018 baru kami terapkan ujian online itu,” tegas Barnabas, pekan lalu.

Mengingat ujian online ditingkat SMP jauh berbeda dengan ujian online di tingkat SMA/K yang pada tahun 2016 ini telah dilakukan di Kabupaten Manokwari. “Kalau kita paksakan maka yang korban adalah siswa, sehingga kami mau semuanya dipersiapkan matang baru dilaksanakan,” ujarnya.

Diketahui, Kabupaten Manokwari secara perdana telah menerapkan ujian nasional berbasis komputer, dimana ujian tersebut baru diterapkan di tiga sekolah yakni SMA Negeri 1, SMK Negeri 2 serta SMK Negeri 1.

Hasil yang dicapai tergolong sangat memuaskan, dari  tiga sekolah tersebut hasil kelulusan yang diraih juga menyetuh angka 100 persen.

Hal ini yang diharapkan nantinya pada penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer pada tingkat SMP yang direncanakan baru akan diterapkan tahun 2018 mendatang. (ACS)

Tinggalkan Balasan