Sosialisasi surat keputusan Nomor 038 tahun 2017 tentang Pramuka Garuda (Siaga, Penggalang, Penegak, Pendega emas dan Anggota muda/dewasa muda) di SD Inpres 039 Ayambori baru-baru ini.

UKM Unipa gelar sosialisasi Pramuka Garuda

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Unit  Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Universitas Papua, Sabtu (29/7) kemarin, menggelar sosialisasi surat keputusan Nomor 038 tahun 2017 tentang Pramuka Garuda (Siaga, Penggalang, Penegak, Pendega emas dan Anggota muda/dewasa muda).

Pembina UKM Pramuka Unipa, Yohanes Ade Lebang, mengatakan, sosialisasi yang diadakan di sekolah binaan UKM Pramuka Unipa tersebut, bertujuan untuk membina karakter peserta didik serta menjadi solusi permasalahan remaja.

“Di SMK Negeri 03, SMK Kehutanan Negeri Manokwari dan SD Negeri 07 Sowi sudah diberikan sosialisasi. Tadi giliran SD Inpres 039 Ayambori,” kata Lebang.

Dijelaskan untuk menjadi sekolah percontohan Pramuka Garuda, dibutuhkan komitmen dan keseriusan dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Manokwari dan pemerintah daerah.

Sementara kriteria menjadi Pramuka Garuda ada beberapa persyaratan  yang harus dimiliki diantaranya, menyelesaikan Tanda kecakapan Umum (TKU), Tanda Kecakapan Khusus (TKK), aktif berbahasa Inggris,  berkemah minimal 4 (empat hari) dalam kegiatan besar Pramuka atau nasional, memiliki ketrampilan (hasta karya), dapat menguasai salah satu cabang olahraga, aktif di salah satu satuan karya dan sebagai pembantu Pembina (bagi golongan penegak/pandega). “ Dan satu lagi yang paling utama berprilaku hidup baik selama di rumah, sekolah dan masyarakat,” ucapnya

Sementara Kepala SD Inpres 039 Ayambori, Loga Bunga Sa’pang menyambut baik sosialisasi Pramuka Garuda. “ Kita membuka diri dengan pembinaan gerakan Pramuka yang dilakukan UKM Pramuka Unipa,” kata Loga.

Di SD Inpres 039 Ayambori, sebut Loga, terdapat 123 siswa dibantu tiga guru ASN, dua  tenaga kontrak dan dua tenaga honorer yang siap mengikuti kegiatan kepramukaan. “Apa yang

UKM Pramuka Unipa lakukan ini telah kami nantikan sejak lama,” ucapnya.

Sementara itu, Lebang menginformasikan tanggal 13 Agustus mendatang akan diadakan HUT Pramuka dengan menyelenggarakan perkemahan. Acara itu rencananya akan dibuka oleh Rektor Unipa selaku Ka Mabigus dan Bupati Manokwari.

“Nanti sekalian dengan pencanangan Pulau Mansinam dan Pulau Lemon sebagai kampung bebas sampah sekaligus tindak lanjut kehadiran Bank Sampah UKM Pramuka Unipa,” tutupnya. (mar)

Tinggalkan Balasan