Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi.
Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi.

Unipa Diusulkan Masuk dalam Tim Terpadu untuk Jaga TNTC

WASIOR, Cahayapapua.com— Universitas Papua (Unipa) Manokwari diusulkan ikut dilibatkan dalam  tim kerja terpadu yang dibentuk untuk menjaga dan mengamankan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC).

Perlunya Unipa diikutsertakan dalam tim kerja terpadu diapungkan oleh Policy Coordinator WWF Indonesia wilayah Papua dan Papua Barat Herman Orisoe dalam kegiatan workshop Program Perikanan dan Konsultasi Publik Kajian TAC-Jumlah Tangkapan yang Diperbolehkan  di Wasior, belum lama ini.

Keanggotaan tim kerja terpadu selama ini diisi oleh utusan dari tiga institusi yakni Pemkab Teluk Wondama, Balai  Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) dan WWF Indonesia. Tim tersebut dibentuk dengan dasar nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani ketiga belah pihak tahun lalu di Wasior. “Ke depan Unipa perlu dilibatkan karena kerja tim terpadu ini membutuhkan data hasil riset terkait TNTC yang dilakukan oleh Unipa,” ujar Orisoe.

Adapun masa kerja tim terpadu akan segera berakhir pada Februari 2016. Julius Runaki selaku Ketua tim terpadu dalam kesempatan tersebut mengusulkan perlunya peninjauan kembali terhadap komposisi keanggotaan maupun program kerja tim terpadu.

Pasalnya sejak terbentuk hingga menjelang berakhirnya masa tugasnya, tidak banyak yang bisa dibuat tim terpadu karena menghadapi banyak kendala. Antara lain karena tidak didukung dengan anggaran dari APBD serta masih lemahnya koordinasi antar instansi terkait.

“Tim ini tidak ditunjang dengan anggaran jadi kami akui selama ini tidak bisa berjalan maksimal. Lebih banyak WWF yang bekerja (untuk perhatikan TNTC),”kata Julius. Dia sendiri mendukung dilibatkannya Unipa dalam tim kerja terpadu.

Sektretaris tim terpadu Silvanus Surung dari Dinas Pariwisata bersama anggota tim terpadu Max Morin dari Badan Lingkungan Hidup juga menyatakan sepakat akademisi dari Unipa dilibatkan dalam tim terpadu.

Bupati Bernadus Imburi sewaktu menutup workshop sempat mengomentari tim terpadu.  Imburi menyatakan Pemda akan memperhatikan keberadaan tim terpadu. (BRV)

Tinggalkan Balasan