Kepala Kantor Sar Nasional Manokwari Ludianto

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Badan SAR Nasional (Basarnas) membentuk Unit Siaga Sar di Kabupaten Teluk Wondama dan saat ini sudah dilakukan penempatan personil.

Kepala Kantor SAR Nasional Manokwari Ludianto di Manokwari, Selasa, mengatakan, pembentukan Unit Siaga Sar di Teluk Wondama menindaklanjuti Keputusan Kepala Basarnas nomor 4/2017.

“Kita sudah efektif menempatkan personil disana saja beberapa bulan lalu. Teluk Wondama merupakan salah satu wilayah yang paling rawan banjir di Papua Barat,” katanya.

Dia menyebutkan, selain Wondama pihaknya berencana mengajukan bentukan unit serupa di Kabupaten Teluk Bintuni. Daerah tersebut dinilai sangat membutuhkan kehadiran tim Sarnas, mengingat ada beberapa wilayah rawan banjir.

Menurutnya, kehadiran Unit Siaga Sar di Wondama disambut baik pemerintah daerah setempat. Sehingga pembentukan dan penempatan personil berjalan lancar.

Ia berharap hal serupa terjadi di Teluk Bintuni, sehingga saat terjadi bencana yang pergeseran personil berlangsung cepat.

“Di Bintuni kita butuh legitimasi atau semacam permohonan dari pemerintah daerah yang berisi kajian mengenai potensi bencana. Intinya menyatakan bahwa daerah tersebut membutuhkan kehadiran tim SAR,” ujarnya lagi.

Teluk Wondama merupakan daerah rawan banjir. Pada Oktober 2010 lalu banjir bandang merenggut ratusan jiwa dan merusak rumah serta bangunan pemerintah.

Bencana tersebut meninggalkan trauma mendalam bagi masyarakat setempat. Pencegahan banjir pun saat ini menjadi salah satu program prioritas pemerintah daerah. (ibn)

 

Leave a Reply