Illustrasi Kapal Nelayan

Unjuk Rasa, Nelayan Sorong Desak Harga Solar Diturunkan

SORONG,CAHAYAPAPUA.com- Nelayan Kota Sorong, yang tergabung dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Mina Mandiri Sorong, Rabu (14/1/2015) siang, berunjuk rasa di halaman Depot Pertamina, Sorong, mendesak Pertamina menurunkan harga solar bagi nelayan setempat.

Mereka berunjuk rasa karena merasa diperlakukan tidak adil oleh pemerintah yang membari harga solar bagi nelayan di wilayah barat yang lebih murah dibanding di Sorong.

Menurut mereka solar untuk kapal 30 GT di wilayah barat per liter dijual nelayan dengan harga Rp 8.250 sementara di Sorong per liter di jual Rp. 10.426.

“Perbandingan harga inilah yang membuat kita merasa tercekik sebab tidak ada rasa keadilan,” kata Wakil Ketua KSU Mina Mandiri Sorong, Jatir Yuda Marau dalam unjuk rasa tersebut.

Karena itu, nelayan menolak kebijakan tersebut. Mereka juga menolak dicabutnya subsidi solar kepada kapal nelayan diatas 30 GT.

Sementara itu, Sales Eksekutif Industri Pertamina, Ibnu mengatakan Pertamina tetap menerima aspirasi yang disampaikan oleh para nelayan, namun tidak mempunyai hak untuk menjawab dan memberikan solusi.

Menurut Ibnu, kebijakan beda harga itu merupakan kebijakan dari pemerintah pusat, melalui presiden. “Kami Pertamina hanya menjalankan perintah,” katanya.

Usai melakukan aksi unjuk rasa damai di kantor Pertamina para nelayan tersebut berangkat menuju kantor Dinas Perikanan Sorong dan DPRD setempat menyampaikan aspirasi yang sama.

Di kantor DPRD nelayan terpaksa membubarkan diri lantaran tak ada anggota DPRD yang melayani aksi tersebut. (CR-72)