Pasukan 8 Tim Paskibra Teluk Wondama Bersiap Menuju Tribun Kehormatan untuk Menerima Bendera Merah Putih. Paskibra berhasil Menjalankan Tugas dengan Sempurna

Upacara HUT Proklamasi Berlangsung Hikmat, Bupati Bangga dengan Paskibra

WASIOR, Cahayapapua.com—- Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Kabupaten Teluk Wondama yang dipusatkan di lapangan upacara kantor bupati di Isey, Rabu (17/8/2016) berlangsung hikmat.

Bupati Bernadus Imburi bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dengan Kapolsek Wasior AKP Rusman Latif selaku komandan upacara. Pembaca teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD H.Arwin. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna. Fitri Matulea, siswi kelas 2-IPA SMAN 01 Wondamadipercaya sebagai pembawa baki.

Dia didampingi Frans R.Hurlean, Petrus Watimena dan Ichia Yosran juga dari SMAN 01 Wondama selaku penggerek dan pembentang bendera. Tim Paskibra dipimpin oleh Pelda Djailani yang sehari-hari bertugas di Koramil Wasior.

Upacara hari jadi Indonesia ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri atas PNS, pelajar SD hingga SMA/SMK, personil TNI/Polri dan
perwakilan pemuda dan masyarakat umum. Juga para pejabat, anggota DPRD, tokoh masyarakat serta utusan dari BUMN/BUMD.

Upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI juga dirangkai dengan ziarah laut di pelabuhan Wasior. Ziarah laut dilakukan karena di Wondama belum ada Taman Makam Pahlawan (TMP).

Ziarah laut yang ditandai dengan penaburan bunga ke laut dipimpin oleh Kapolres AKBP Frits Sokoy dan Ipda Arnold Samberi sebagai komandan upacara.

Sementara pada upacara aubade atau penurunan bendera, Wakil Bupati Paulus Y. Indubri bertindak sebagai Irup. Selaku komandan upacara, Komandan Pos Daerah Rawan Naikere Letda Situmorang.

Dari Paskibra, Debby Novalina Yawan, siswi SMK Perikanan Dotir selaku pembawa baki. Uria Ever Yowen, Natalius Willi Sabarofek dan Dominggus Max Suabey sebagai penarik dan pengikat tali.

Bupati merasa senang dan bangga karena prosesi upacara memperingati HUT Kemerdekaan berlangsung lancar. Apalagi ini merupakan kesempatan pertama dirinya menjadi Irup pada upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan.

“ Saya merasa senang karena ini pertama kali kesempatan saya sebagai Irup. Tapi saya juga hati-hati karena saya berusaha jangan sampai salah,”ucap Imburi usai prosesi ziarah laut.

Dia pun memuji penampilan dari Paskibra yang berhasil menjalankan tugas dengan sukses. “Paskibra melakukan tugas dengan sempurna. Saya bangga sekali sebagai bupati,”pungkas orang nomor satu Wondama ini. (BRV)

Tinggalkan Balasan