Beberapa Kapal Ikan PT. Alfa Kurnia yang dijual Pasca Moratorium Perikanan.

Usaha Ikan Resmi Tutup, Karyawan Alfa Kurnia Jadi Tukang Ojek

SORONG, Cahayapapua.com— Karyawan PT. Alfa Kurnia Sorong menempuh berbagai cara untuk hidup setelah perusahaan ikan tersebut dinyatakan tutup. Perusahaan tersebut tutup setelah pemerintah menerapkan kebijakan ketat motarorium perikanan.

Hendrik, anak buah kapal, salah satu kapal ikan yang dikelola Alfa Kurnia misalnya. Ia mengaku tidak lagi memiliki penghasilan tetap setelah perusahaan tersebut tutup.

“Sekarang saya hanya hanya berharap penghasilan sebagai tukang ojek,” ujarnya kepada Cahaya Papua baru-baru ini.

Alfa Kurnia baru – baru ini memastikan telah menjual 9 unit kapal yang biasa dioperasikan perusahaan tersebut untuk menangkap ikan di perairan Papua. Kapal-kapal tersebut baru dijual baru-baru ini setelah perusahaan menyatakan tutup sejak 2015 lalu.

Pimpinan Alfa Kurnia  Supriyanto mengatakan, 9 kapal tersebut dijual ke perusahaan lain. ”Kami sudah berhenti sejak adanya moratoriaum perikanan sehingga kapal kami tidak beroperasi ya kami jual,” ungkapnya baru-baru ini dengan wajah lesuh.

Pemerintah Joko Widodo melalui Kementerian Perikanan pernah menggeluarkan kebijakan penghentian sementara atau moratorium perikanan tangkap. Karena dianggap berhasil menekan bebasnya kapal asing tak berizin beroperasi di perairan Indonesia, kebijakan ini akan diperpanjang dan berakhir pada 31 Oktober 2015 lalu. |JOSEP TITIR

Tinggalkan Balasan