Proses pemungutan suara di TPS khusus penyandangan disabilitas yang terletak di halaman kantor KPU Manokwari, kemarin.

USAI COBLOS, PENYANDANG DISABILITAS: TOLONG PERHATIKAN NASIB KAMI

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Penyandang disabilitas berharap Pemda Manokwari yang akan dipimpin kepala daerah baru hasil Pilkada tahun ini dapat mengangkat nasib mereka yang masih hidup memprihatinkan.

“Tolong perhatikan nasib kami kaum disabilitas, karena masih banyak dari kami tidur beralasakan triplex dan koran,” harap ketua Yayasan Netra Mandiri Kabupaten Manokwari, Hofni Mofu usai menyalurkan hak pilihnya di TPS khusus disabilitas yang terletak halaman kantor KPU Manokwari, Rabu (9/12).

Hofni mengatakan hingga saat ini masih banyak kaum disabilitas di Manokwari hidup serba kekurangan. Mereka juga tidak memiliki tempat tinggal khusus yang harusnya disediakan oleh pemerintah daerah.

“Jumlah kaum Disabilitas di Kabupaten Manokwari saat ini mencapai 500 orang. Kami sangat berharap adanya perhatian pemerintah daerah,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum Manokwari menyediakan TPS khusus, nomor 18, di halaman kantor KPU untuk kaum disabilitas. Dari 168 DPT, sebanyak 75 penyandang menyalurkan hak pilih.

Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Effendi, mengatakan, TPS tersebut untuk kedua kali —sebelumnya pada Pemilihan Legislatif 2014— disiapkan KPU mengingat jumlah kaum disabilitas di Manokwari cukup banyak.

“TPS ini kami buat khusus agar teman-teman disabilitas juga bisa menyalurkan hak mereka. Kami juga menfasilitasi mereka dengan transportasi,” ucapnya.

Sementara itu hasil pemungutan suara di TPS tersebut mencatat pasangan nomor dua memperoleh suara lebih banyak (42 suara) menyusul pasangan nomor satu (12), nomor 4 (13) dan nomor tiga (4). |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan