Ilustrasi Guru Mengajar

USAID : Mutu Pendidikan Tergantung Keaktifan Dan Kedisiplan Guru

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com– Penanggung Jawab USAID PRIORITAS Manokwari Selatan Sudarsono Saidi menagatakan, Kemajuan mutu pendidikan, secara umum , tergantung dari keaktifan serta kedisiplinan guru yang mengajar.

“Jika guru hadir dari Senin hingga Sabtu, maka siswanya juga akan menyesuaikan. Bila keduanya sudah aktif, sistem pembelajaran akan berjalan,. Dengan demikian, kemajuan mutu pendidikan akan menyesuaikan,” kata Sudarsono b eberapa waktu lalu.

Program USAID PRIORITAS, di Manokwari Selatan, yang sudah berlangsung saat ini, akan   mengutamakan peningkatan mutu tenaga pengajar. Diaharpakan, hal ini dapat mendorong peningkatan, kegiatan belajar mengajar di sepuluh sekolah yang saat ini dilakukan pendampingan.

Menaggapi hal itu, Asisten II Setda Manokwari Selatan, Syahrial, menyatakan, pemerintah Manokwari Selatan, akan menyusun konsep untuk memotivasi para guru .”Minimal tidak meninggalkan sekolah dari Senin sampai Sabtu,” kata dia.

Salah satu poin yang bisa dilakukan yakni, memberikan intensif tambahan bagi guru yang menjalankan tugas secara baik, serta member sanksi bagi mereka yang melalaikan tugas. Rencana itu akan dikoordinasikan Dinas Pendidikan.

Ia berharap, sistem pendidikan di daerah ini berjalan baik, ia pun mengharap komitmen semua pemangku kepentingan, sebab, tanpa dukungan mereka, pendidikan di Manokwari Selatan, akan sulit berkembang.

Pendidikan di kabupaten itu, lanjut Syahrial, saat ini masih diperhadapkan dengan persoalan yang rumit. Seolah-olah telah terbentuk lingkaran persoalan yang tidak ada ujung serta pangkalnya.

” Guru hadir, siswa tidak ada, siswa ada guru tidak hadir, tiba saatnya siswa tidak naik kelas orang tua marah. Kenapa siswa tidak naik, karena sistem pembelajaran tidak jalan, kita mau ganti guru, masyarakat marah, ini persoalan yang cukup berat dan untuk mengurai dan memperbaiki persoalan ini, harus dimulai dari guru,” nilainya. | SOETANTO | EDITOR : TOYIBAN