DPR Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– DPR Papua Barat telah menyampaikan aspirasi pemekaran provinsi di wilayah Papua Barat kepada pemerintah pusat.

“Kami telah usulkan aspirasi pemekaran Papua Barat menjadi empat provinsi. Ini masuk dalam grand design yang dibahas hingga 25 tahun kedepan,” kata Rudi Timisela, Ketua Komisi A DPR Papua Barat, baru-baru ini.

Adapun usulan pemekaran wilayah Papua Barat dibagi menjadi empat bagian sebagai berikut, Provinsi Papua Barat Daya, Provinsi Kepulauan Raja Ampat, dan Provinsi Nueva serta Papua Barat yang ada saat ini.

Menurut Rudi, aspirasi pemekaran wilayah ini harus mengikuti mekanisme yang ada. Prosesnya harus memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan bai dari cakupan wilayah, jumlah penduduk, dan potensi sumber daya alam.

“Mungkin pemekaran Papua Barat Daya didahului karena lebih awal diusulkan. Dan, ini harus disetujui oleh pemerintah pusat. Kita telah sampaikan hal ini juga kepada Kementerian Dalam Negeri,” ujar Rudi.

Dikemukakan Rudi, pemekaran wilayah ini tidak saja bertujuan untuk memperpendek rentan kendali. Tetapi, demi mengejar pembangunan yang merata di seluruh wilayah di Indonesia.

“Usulan pemekaran ini adalah aspirasi masyarakat di tingkat bawah. Aspirisi tersebut sah-sah saja, sehingga komitmen dan kebijakan pemerintah pusat harus jadi perhatian,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM