Kepala Biro Pemerintah Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer |CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

UU Baru Berlaku, Elisa Sroyer: Usulan Pemekaran Daerah Mentah

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Biro Pemerintah Provinsi Papua Barat menyatakan usulan pemekaran daerah yang sudah diajukan kepada pemeritah pusat pada tahun sebelumnya berdasarkan PP No 78 akan mentah.

Kepala Biro Pemerintah Provinsi Papua Barat Elisa Sroyer mengatakan usulan pemekaran daerah menjadi mentah karena saat ini telah berlaku UU No 23 tahun 2014 yang di dalamnya memuat soal pemekaran.

Didalam UU tersebut mencantumkan pemekaran harus menunggu diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) dan grand desain yang dibuat oleh pemerintah provinsi atau kabupaten.

“Hasil pembentukan pemekaran pada tahun 2014 berdasarkan PP 78 yang pernah diusulkan, dengan diberlakukannya UU No 23 tahun 2014 dengan sendirinya gugur, karena di dalam UU 23 tersebut menganut tentang pembentukan daerah Otonomi baru harus menunggu diterbitkannya PP kemudian dibuat dalam grand desain sehingga dengan demikian pasti kita akan menunggu,” kata Sroyer menyoal rencana sidang Pemekaran di seluruh Indonesia.

Menurut dia, dengan adanya UU baru ini, maka daerah yang hendak mengajukan permintaan pemekaran harus memperbaharui dokumen yang sudah diusulkan sebelumnya.

Sroyer mengatakan Pemprov Papua Barat akan sampai adanya peraturan teknis terbaru dari pemerintah pusat untuk mengusulkan kembali daerah otonomi baru di Papua Barat. “Kita harap masyarakat agar bersabar menunggu PP yang nanti akan dibuat berdasarkan UU No 23 itu,” imbau Sroyer. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan