Verifikasi keanggotaan, KPUD temukan 66 nama ganda dan siluman

KAIMANA, Cahayapapua.com— Tersisa beberapa hari lagi tepatnya 15 November 2017, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Kaimana akan menyelesaikan tahapan verifikasi faktual anggota partai politik berdasarkan Sistim Informasi Partai Politik (Sipol) yang diperkuat dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP yang diserahkan kepada KPUD pada tahap pendaftaran waktu lalu.

Dari 7 distrik yang ada di Kabupaten Kaimana, KPUD baru selesai melakukan penelitian administrasi atau verifikasi faktual anggota pada Distrik Kaimana, sedangkan 6 distrik lainnya, sedang dan akan dilaksanakan pada beberapa hari kedepan sebelum batas akhir tahapan verifikasi.

Ketua KPUD Kaimana Jhon Philip Kiruwa  menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi terkait perkembangan tahapan verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya. Kepada Cahaya Kaimana di Kantor Bappeda, Selasa (7/11/2017), Kiruwa menjelaskan, tahapan verifikasi faktual anggota sementara berlangsung. Dari 7 distrik, tersisa 6 distrik yang sementara dilakukan karena jumlah berkas dan anggota yang akan diverifikasi tidak sebanyak yang ada di Distrik Kaimana.

Untuk Distrik Kaimana sendiri jelas Kiruwa, berdasarkan hasil verifikasi anggota yang dilakukan tim, ditemukan 66 keanggotaan ganda yang namanya terdaftar pada 2 hingga 3 partai politik. Kepadanya lanjut Jhon Kiruwa, disarankan untuk memilih salah satu partai. Tetapi selain nama ganda, ditemukan pula nama siluman karena berdasarkan hasil wawancara tim, yang bersangkutan mengaku tidak pernah terlibat dalam kepengurusan partai manapun.

“Untuk Distrik Kaimana tahapan verifikasi faktual keanggotaannya sudah selesai. Dari kegiatan ini kita menemukan 66 keanggotaan ganda.  Gandanya itu yang bersangkutan main diantara 2 sampai 3 partai. Tim verifikasi sudah ketemu orang-orangnya dan mengaku akan memilih salah satu partai, tetapi ada juga yang kaget karena namanya didaftarkan sebagai anggota partai, padahal dia sendiri merasa tidak pernah terlibat partai manapun,” jelas Kiruwa.

Lebih jauh dijelaskan, setelah tahapan verifikasi faktual keanggotaan selesai, akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual kepengurusan, dimana KPUD akan melakukan pengecekan atau penelitian berkas kepengurusan partai, termasuk keberadaan sekretariat partai. “Setelah penelitian administrasi anggota yang sekarang sedang berjalan, kita akan lanjut dengan verifikasi faktual kepengurusan. Penelitian administrasi keanggotaan pada 6 distrik ini tidak terlalu berat karena jumlahnya sedikit. Keanggotaan partai kebanyakan ada di kota,” tutup Kiruwa. (isa)

Tinggalkan Balasan