Ketua MRP Papua Barat Vitalis Yumte. | Beritasatu.com

Vitalis Yumte: Ketua DPR Papua Barat Harus Orang Asli Papua

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com – Ketua Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat, Vitalis Yumte menyatakan posisi jabatan ketua DPR Papua Barat harus diisi oleh orang asli Papua.

Untuk itu ia mengingatkan Partai Demokrat harus memperhatikan hak kesulungan orang asli Papua. “MRP PB telah bersikap. Tidak ada spekulasi parpol manapun untuk mengangkat seorang yang bukan asli Papua menjadi ketua DPR Papua Barat. Ini sikap tegas kami,” kata Vitalis Yumte, Minggu (22/2/2015).

Pernyataan Vitalis Yumte ini menyikapi penundaan pelantikan ketua DPR Papua Barat (DPR PB) Roby Nauw yang sedang tersandung kasus hukum.

Kata Vitalis Yumte Partai Demokrat harus melihat Papua Barat – merupakan daerah khusus, sehingga ketua DPR PB harus orang asli Papua.

MRP PB juga menolak upaya-upaya yang dilakukan anggota DPR PB yang tersandung kasus hukum untuk tetap bisa memimpin lembaga tersebut. MRP PB mendesak penyelesaian hukum yang melibatkan sejumlah anggota DPR PB dituntaskan.

“Intinya kasus mereka ini harus ditegaskan. Keputusan pengadilan sudah ada. Saya heran juga, karena ini terkesan tidak ada ketegasan lembaga-lembaga peradilan di pusat maupun daerah. Dan saya sudah dengar ada sejumlah anggota yang telah melakukan konsultasi dengan Mahkama Agung. Agar kasus ini bisa ‘diselesaikan,” ujarnya.

Jika seperti itu kondisinya maka, lanjut Vitalis Yumte MRP PB akan menyurat secara remsi kepada pemerintah pusat. Agar di Papua Barat tidak perlu ada aksi pemberantasan korupsi.

“Kami sudah pernah menyurati MA untuk menanyakan kepastian status hukum sejumlah anggota DPR PB yang tersandung persoalan hukum. Surat per tahun 2014 dan tidak ada jawaban sampai hari ini. Saya pribadi dukung Yan Piet Konjol sebagai ketua DPR PB,” tandasnya. |CR-73

Tinggalkan Balasan