Wabup pada kegiatan penyuluhan hukum terpadu.

Wabup Ajak Warga Sadar Hukum

KAIMANA, Cahayapapua.com—– Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, S.Sos,MH mengajak masyarakat di daerah ini agar memiliki kesadaran hukum. Segala sesuatu yang akan dilakukan terutama yang terikat aturan seperti peredaran minuman beralkohol, KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) maupun aksi demonstrasi yang belakangan ini marak terjadi di Kabupaten Kaimana agar perlu mempertimbangkan konsekuensi hukum.

Ia menyampaikan hal ini saat mewakili Gubernur Papua Barat membuka kegiatan penyuluhan hukum terpadu tentang minuman keras, KDRT dan Narkoba kerjasama Biro Hukum Setprov Papua Barat dengan Polda Papua Barat dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Kaimana, Selasa (3/5/2016) lalu.

Dikatakan, peredaran minuman keras, KDRT maupun aksi demonstrasi masih marak di Kabupaten Kaimana. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan masyarakat belum sadar hukum. Untuk itu melalui penyuluhan hukum terpadu masyarakat diharapkan semakin sadar akan dampak yang timbul jika melakukan tindakan melanggar hukum.

Mengutip sambutan tertulis Gubernur Papua Barat, Wabup Ismail mengatakan, dewasa ini tuntutan masyarakat terhadap pengetahuan dan pemahaman tentang hukum semakin tinggi sehingga eksistensi penyuluhan hukum harus ditingkatkan.

Tanpa adanya upaya penyebarluasan informasi hukum maka efektifitas hukum akan berkurang. Aturan hukum lanjut dia, hanya dapat efektif apabila dikomunikasikan kepada subyek yang diatur, subyek yang diatur mempunyai kemampuan melaksanakan aturan hukum dan subyek itu harus mempunyai motivasi untuk melaksanakan aturan.

Lebih jauh dikatakan, dari sekian banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya keonaran, kriminalitas, tindak kekerasan dan bahkan pembunuhan adalah minuman keras atau minuman beralkohol.

Miras dapat mengakibatkan tindak pidana pembunuhan dan lainnya yang melanggar norma hukum. Selain Miras, Narkoba juga harus diwaspadai. “Faktor-faktor negatif seperti inilah yang harus kita hindari, kita cegah dan kita jauhi,” pungkas Wabup. (ISA)

Tinggalkan Balasan