Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop dan Wakil II DPRD Dan Topan Sarungallo didampingi Plt Sekda Gustaf Manuputty menghadiri puncak acara HUT PI di Tanah Papua ke 162 di Teluk Bintuni

Wabup Tekankan Toleransi Antar Umat Beragama

BINTUNI, Cahayapapua.com– Klasis Teluk Bintuni menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil di Tanah Papua ke 162, di halaman Gereja GKI Jemaat Pniel SP 4, Kampung Banjar Ausoy, Distrik Manimeri, Senin (6/2).

Kegiatan tersebut mengusung tema, ‘Oleh Injil Kamu Diselamtkan, Asal Kamu Teguh Berpegang Pada-NYA’. Puncak acara HUT PI tersebut dikemas dengan ibadah bersama sejak pukul 09.00 Wit pagi, yang diikuti oleh ribuan umat nasrani se-kabupaten, dari mulai kalangan pejabat sampai masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan acara resepsi yang dihadiri langusng oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, Wakil II DPRD Dan Topan Sarungallo, Plt Sekda Gustaf Manuputty, para staf ahli, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ketua PLH Jemaat Kalsis Teluk Bintuni, para pimpinan Gereja, dan tamu undangan yang turut hadir.

Wakil Bupati dalam sambutannya, mengatakan sejarah pekabaran injil di Tanah Papua, dimulai dengan masuknya Hamba Tuhan Otto dan Geissler berkebangsaan Jerman yang memiliki misi yang sangat mulia dengan melakukan visi pekabaran injil pelayanan pekerjaan Tuhan. Dengan menumpang Kapal Ternate yang diberikan oleh Sultan Tidore dan mereka tiba di Pulau Mansinam, Teluk Doreri, Manokwari.

“Setelah mereka mendarat, lalu mereka mengucapkan dengan nama Tuhan kami menginjak ini. Dengan adanya peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah, tepatnya tanggal 5 Februari 1855 yang diperingati oleh semua orang umat yang diam di jagat Tanah Papua sampai saat ini. Ini merupakan peradaban yaitu adanya terang keselamatan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. Oleh karena itu, setiap 5 Februari semua orang memperingati sebagai tonggak pekabaran injil di Tanah Papua,” kata Wabup.

Lanjut Wabup, pekerjaan pelayanan Tuhan diatas Tanah Papua saat ini tidak lah mudah, karena membutuhkan bahkan makan banyak korban, para hamba Tuhan termasuk meninggalnya hamba Tuhan Otto di Manokwari, sementara hamba Tuhan Geslre.

Dikatakannya, dengan mengambil hikmat Pekabaran Injil di tanah Papua, dimana umur perjalanan yang sangat panjang diharapkan agar semua bisa meningkatkan nilai-nilai keimanan selaku warga masyarakat agar terus menjaga dan meningkatkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, suku, berbangsa dan bernegara dalam kerangka RI.

“Saya berpesan agar semua terus meningkatkan keimanan secara khusus bagi umat nasrani yang merayakan HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua, Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni. Seklai lagi saya ucapkan selamat ulang tahun pekabaran  injil di Tanah Papua ke 162,” kata Wabup.

Sementara Ketua Panitia Ferdinan Timisela mengatakan tujuan dari kegiatan ini yakni merefleksikan makna terang injil, kekuatan Allah yang terpancar 162 tahun lalu di Tanah Papua. Dengan rentetan kegaitan dari 30 Januari sampai 6 Februari 2017.

Dikatakannya, kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu lomba pidato tingakt remaja dan dewasa, lomba karaoke katagori pria-wanita umur 35-49 tahun dan kategori pria-wanita 50 tahun keatas, lomba karnaval jemaat dilingkungan I dan II Klasis Teluk Bintuni, perlombaan perahu hias atau perahu injil tingkat jemaat dilingkungan I dan II Klasis Teluk Bintuni, dan jalan santai sehat dan bersih.

Sementara sumber dana kegiatan, diantaranya bantuan dari Badan Pekerja Klasis GKI Bintuni Rp 50 juta, bantuan dari jemaat lingkungan I dan II Rp. 39,5 juta, bantuan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni Rp. 150 juta, bantuan pimpinan SKPD Rp. 60 juta, bantuan PNS dan honorer Rp 55.635.000, dengan total Rp. 355.135.000.

“Melalui laporan panitia ijinkan saya mengucapkan terima kasih yang pertama kepada Tuhan Yesus yang mempunyai pekerjaan melindungi dan menyertai kami panitia dari awal sampai dengan kegiatan ini terlaksana dengan baik. Yang ketiga Bapak Bupati, pimpinan DPRD, para pimpinan SKPD dan staf, mitra kerja, dan semua hamba Tuhan,” ungkapnya. (ART)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: