Kantor DPRD Manokwari

Wacana Revisi Perda Belum Masuk Prolegda 2015

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Kabupaten Manokwari, Imam Muslih mengatakan wacana revisi sejumlah peraturan daerah tentang pajak dan retribusi belum masuk program legislasi daerah (prolegda) 2015.

“Jika dilihat dari waktu, sejumlah Perda pajak dan retribusi sudah bisa direvisi. Tapi, kita lihat 5 tahun lalu, implementasi perda ini belum berjalan bagus. Belum didukung dengan peraturan turunannya.,” kata Imam Muslih kepada wartawan, Jumat (6/2/2015).

Imam mengatakan implementasi Perda itu juga belum dievaluasi. Evaluasi untuk mengetahui penyebab tidak optimalnya Perda-Perda tersebut. Soal itu ia mengatakan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak eksekutif.

Diakui Imam Muslih wacana untuk merevisi Perda sempat mengemuka. Namun yang menjadi prioritas, tambah Kader Partai Keadilan Sejahtera ini adalah Perda tertentu saja. Perda lainnya menurutnya masih harus diemplementasikan secara optimal. “Kalau kita berfikir hanya untuk rubah saja tapi implementasinya tidak berubah bagaimana?,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Cahaya Papua, tahun 2010 silam, DPRD dan pemerintah daerah telah mengesahkan 28 peraturan daerah non APBD, yang sebagian besar mengatur tentang pajak dan retribusi.

Imam Muslih menambahkan Perda tentang retribusi pasar dan persampahan tidak sesuai dengan aturan. “Retribusi sudah naik, dan ini fakta, padahal Perda belum direvisi,” paparnya.  | CR-73)

Tinggalkan Balasan