Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) KNPI Papua Barat yang dibuka Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Selasa.

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, membuka Rapat Koordinasi Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat di gedung DPD KNPI Papua Barat, Sowi I Gunung Manokwari, Selasa (12/12/2017) siang.

Lakotani mendorong pemuda berperan penting mengisi kemerdekaan dengan terus mendorong perubahan kearah lebih baik. “Saya harapkan pemuda bisa mengambil peran aktif dalam pembangunan, hindari persoalan individu atau kelompak dan utamakan kepentingan bangsa,” pesan Wagub.

Wagub juga mendorong para pemuda di KNPI bersinergi dengan pemerintah daerah dalam berbagai program pembangunan di Papua Barat.

Selain itu Wagub mendorong pemuda KNPI menyelesaikan dualisme mereka baik ditingkat pusat (Kongres Bali dan Kongres Ancol) dan daerah. Wagub menekankan agar dua kubu yang berkonflik mencari langkah-langkah terbaik untuk kembali menyatu, tidak terpecah-pecah.

“Kita tidak bisa menyatakan mana organisasi KNPI yang legal dan illegal, akan tetapi karena semua anak bangsa yang memiliki hak untuk berdemokrasi. Intinya sekarang pemerintah hadir dimana? Gedung KNPI ada di mana? Siapa sekarang yang tempati? Jadi marilah semua unsur kepemudaan menjaga keharmonisan dan bekerja sama satu komando membangun negeri Papua Barat,” tegas Lakotani.

Untuk menyelesaikan konflik KNPI yang sudah berlarut-larut Wagub mendorong diadakannya dialog agar mencapai konsesus baru dan membentuk satu kepengurusan.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Papua Barat Sius Dowansiba menyatakan KNPI yang dipimpinnya merupakan organisasi yang sah, sehingga, tidak ada alasan bagi kelompok atau pihak lain yang mengklaim sebagai pimpinan organisasi KNPI yang sah.

“Saya yakin bahwa pemuda Papua Barat tidak mau untuk diadu domba oleh pihak yang tidak bertangungjawab. Untuk itu sesuai petunjuk Wagub kita secepatnya akan melakukan pertemuan dengan kubu Yanto Idjie dalam waktu dekat. Semata untuk menselaraskan komitmen bersama mendukung organisasi Pemuda Papua Barat lebih baik,” kata Sius soal komitmennya.

Sius berharap dibawah kepimpinannya KNPI Papua Barat mampu mengkaderkan dan mengembangkan organisasi kepemudaan tersebut di Papua Barat. “Saya ingin menjadikan KNPI sebagai organisisasi yang elaliter dan bukan organisasi elite maupun ekslusif,” tandasnya. (cr-80)

Leave a Reply