Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani.

Wagub ingin Mama Papua mudah mengakses modal usaha

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani menginginkan mama-mama Papua yang selama ini berdagang di pasar tradisional memperoleh kemudahan dalam mengakses modal untuk mengembangkan usaha mereka.

“Begitu juga dengan para petani di daerah pedalaman, nelayan dan masyarakat yang ingin mengembangkan usaha pada bidang apapun,” kata Lakotani usai mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Manokwari, Kamis (8/3).

Wakil gubernur mengutarakan, pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan masih rendah, termasuk mama-mama Papua yang selama ini menjajakan sayur di pasar. Ia berharap kehadiran TPAKD mampu mengatasi persoalan ini.

Menurutnya, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) sudah memiliki binaan antara lain pada sektor usaha perikanan dan pertanian. Papua Barat harus belajar dari daerah lain dalam mempermudah pencairan kredit usaha bagi setiap bidang.

“Kami ingin ekonomi masyarakat meningkat sehingga mereka sejahtera. Dari data BPS (Badan Pusat Statistik) pertumbuhan ekonomi Papua Barat 2017 sebesar 4,1 persen, melambat dibanding 2016 yang mencapai 4,5 persen,” ujarnya.

Akses kredit keuangan bagi pelaku usaha mikro di daerah tersebut harus dibuka seluas-luasnya. Pemerintah daerah menginginkan usaha mikro dan kecil di provinsi ini terus meningkat.

Dia mengimbau, TPAKD bekerja maksimal dalam menggali potensi daerah. Partisipasi masyarakat dalam mengelola potensi harus ditingkatkan melalui UMK. “Kita punya potensi sumber daya alam melimpah namun belum dikelola maksimal. Kurangnya informasi dan pemahaman masyarakat dalam mengakses layanan keuangan menjadi penyebab utama,” katanya.

Selain pertanian dan perikanan, potensi lain yang strategis dikembangkan di daerah tersebut, menurut Lakotani, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.| Toyiban

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: