Irene Manibuy

WAGUB PAPUA BARAT : Pelantikan Irene Ditunda ke Rabu Pekan Depan

JAKARTA,CAHAYAPAPUA.com––– Pelantikan Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy yang rencananya digelar Rabu hari ini di Istana Negara, terpaksa ditunda ke Rabu pekan depan, (27/5/2015), menyusul kesibukan Presiden Joko Widodo.

Asisten I Pemerintah Papua Musa Kamudi mengatakan penundaan pelantikan diketahui setelah pihak Pemerintah Papua Barat menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Sekretaris Negara, Selasa kemarin.

“Berdasarkan rapat tersebut, telah disepakati waktu pelaksanaan pelantikan Irene Manibuy sebagai Wakil Gubernur pengganti Mantan Wakil Gubernur Rahimin Katjong ditunda ke Rabu pekan depan, tetap di Istana Negara,” kata Musa Kamudi di Jakarta. “Pelantikan akan digelar pukul l4.00 WIB.”

Menurut Musa Kamudi, pelantikan ditunda, karena Presiden Joko Widodo masih sibuk dengan tugas kenegaraan lainnya. Seperti diketahui Presiden Joko Widodo pernah menggeluarkan instruksi bahwa pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilakukan oleh presiden di ibukota negara.

Sementara itu terkait rencana pelantikan Irene Manibuy Rabu ini, telah membuat sejumlah pejabat daerah di provinsi Papua Barat maupun sejumlah kabupaten/kota beramai-ramai menginjakkan kaki di Jakarta untuk menghadiri pelantikan.

Irene Manibuy adalah Wakil Gubernur Papua Barat yang dipilih oleh DPR Papua Barat belum lama ini di Manokwari. Ia saat itu bersaing dengan Yosep Johan Auri. Pemilihan Wakil Gubernur Papua Barat dilakukan karena Rahimin Katjong yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua Barat telah mangkat.

Pelantikan Irene sudah dijadwalkan sejak lama, kabar yang beredar pertama kali menyebutkan Irene bakal dilantik sebelum kunjungan Presiden Joko Widodo ke Manokwari. Namun pelantikan ditunda ke hari Rabu ini yang akhirnya ditunda lagi ke Rabu pekan depan. |MUHAMMAD RIZALDY

Tinggalkan Balasan