IRENE MENIBUY

WAGUB PAPUA BARAT: Pelantikan Irene Manibuy Ditunda

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Pelantikan Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy, yang rencananya digelar hari ini, ditunda menyusul belum tibanya Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Elisa Sroyer mengatakan, pelantikan Irene Manibuy ditunda karena hingga kemarin belum ada jadwal resmi pelantikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Dalam minggu ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo belum kembali ke Jakarta,” kata Sroyer soal penyebab tertundanya pelantikan kepada wartawan di Manokwari, Senin (11/5/2015).

Menurut media massa, Presiden Joko Widodo setelah meninggalkan Manokwari, kemarin, langsung bertolak ke Papua New Guinea untuk melakukan pertemuan bilateral. Rencananya Jokowi berada disana selama 2 hari.

Elisa Sroyer mengatakan Gubernur Papua Barat Abraham Atururi telah meminta Menteri Dalam Negeri Djahjo Kumolo agar pelantikan Irene Manibuy dilakukan pekan depan.

Sebelumnya DPR Papua Barat mengusulkan Irene Manibuy ke presiden melalui Mendagri untuk mendapatkan SK wakil gubernur Papua Barat, menggantikan Alm Rahimin Katjong. Sebagai jawabannya presiden telah menggeluarkan Kepres Nomor 35/P/2015 tentang pengangkatan Irene Manibuy yang akan menjabat bersama-sama Abraham Atururi hingga 2017. Pelantikan Irene sendiri awalnya direncanakan hari ini. |RASYID FATAHUDIN