Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani

Wagub perkenalkan SDA Papua Barat di Real Madrid

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani belum lama ini memperkenalkan potensi kekayaan sumber daya alam daerah ini pada pameran intergreen di Kota Real Madrid, Spanyol.

Lakotani mengatakan, perwakilan beberapa negara hadir dalam kegiatan tersebut. Momentum ini dimanfaatkan untuk mempromosikan Papua Barat di manca negara.

Dia menyebutkan, pameran intergreen berlangsung selama lima hari. Selain potensi kekayaan alam, pada kegiatan itu ia juga memaparkan sejumlah pembangunan yang sedang berlangsung serta potensi perdagangan.

“Potensi usaha atau bisnis di Papua Barat kami sampaikan di sini. Kami berhadap kegiatan ini menjadi peluang untuk menarik investor ke Papua Barat,” kata dia.

Dia menyebutkan, pemerintah Provinsi Papua Barat membuka lebar peluang investasi, termasuk bagi investor dari negara-negara Eropa.

Ia meyakini, kehadiran investor dapat memacu percepatan pembangunan daerah. Pemerintah menginginkan kerjasama terjalin antara Papua Barat dengan negara-negara di Eropa.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada wawancara sebelumnya mengatakan, pemerintah Papua Barat sedang berupa meningkatkan sejumlah komoditas ekspor dari sektor perkebunan.

Beberapa waktu lalu gubernur bertemu dengan Menteri Pertanian. Pemerintah ingin Papua Barat memiliki perkebunan berskala besar untuk mencukupi kebutuhan pasar ekspor.

Pengembangan perkebunan, kata gubernur, sebisa mungkin dilaksanakan di seluruh kabupaten sesuai potensi masing-masing. Kajian dan pendataan potensi daerah akan dilaksanakan.

Ia pun telah memerintahkan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk menyiapkan data jumlah lahan yang siap dikembangkan.

“Seperti di Fakfak dan Kaimana yang punya porensi buah pala, Pegunungan Arfak sayuran dataran tinggi dan potensi pangan di daerah lain. Kita harus punya perkebunan berskala besar,” kata gubernur.

Menurutnya, sejumlah komoditas pangan di Papua Barat memiliki peluang besar di pasar internasional. Gubernur ingin Papua Barat memanfaatkan peluang tersebut. (ibn)

Leave a Reply

%d bloggers like this: