OP Zebra Manokwari

Wakapolda PB Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2015

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kombes Pol Drs Petrus Waine, Kamis (22/10/2015) memimpin Apel Gerla Pasukan dalam rangka Pemantapan Operasi Zebra tahun 2015 di Kabupaten Manokwari.

Agenda Rutin Tahunan tersebut akan dilakukan mulai kemarin hingga tanggal 4 November 2015 mendatang. Hal tersebut bertujuan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Operasi gelar pasukan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga operasi ini nantinya dapat berjalan sesuai tujuan dan sasarannya,” kata Waka Polda Papua Barat, Kombes Pol Drs Petrus Waine dalam amanatnya.

Dirinya mengatakan yang akan menjadi fokus pihak kepolisian adalah menekan angka pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan berlalu lintas, terutama yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materi.

Untuk itu beberapa sasaran yang menjadi perhatian penuh dalam operasi tersebut di antaranya adalah tertib marka jalan, tertib rambu, parkir dan melawan arus, tertib tidak menggunakan handphone (hp) saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan helm berstandar Nasional Indonesia (SNI), serta menertibkan kendaraan bak terbuka untuk memuat orang atau bukan peruntukannya.

Dia juga berharap dengan dilakukannya penegakan hukum yang terpadu dalam Operasi Zebra tersebut maka dengan sendirinya dapat mendorong kedisplinan masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisasikan kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas.

Menurunnya fatalisasi korban kecelakan berlalu lintas, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

Lanjutnya, sikap mental dan fisik dilandasi dengan komitmen moral dan disiplin kerja serta waspada dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam melaksanakan tugas, serta bertindak tegas, namun humanis terhadap setiap pelanggaran.

“Saya perintahkan tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personil khususnya pada saat melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas,” tegasnya.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, pihak Kepolisian juga mengandeng beberapa instansi lainnya, di antaranya Sub Den POM Manokwari, Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari, Jasa Raharja Manokwari, serta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Manokwari. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM