Wakil Bupati Manokwari Roberth KR.Hammar

Wakil Bupati Manokwari: Ada Temuan BPK Mengarah ke Korupsi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Wakil Bupati Manokwari Roberth KR. Hammar secara terbuka mengakui ada sejumlah temuan BPK atas laporan keuangan Pemkab Manokwari yang mengarah pada tindakan korupsi.

Temuan seperti itu harus menjadi prioritas untuk diselesaikan agar tidak sampai berlarut-larut sehingga berpotensi ditingkatkan ke tahap selanjutnya yakni dilimpahkan ke jalur hukum.

“Kalau itu masuk dalam tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi, kita selesaikan sesegera mungkin supaya kita tidak masuk dalam level yang masuk dalam ranah hukum, “ ujar Hammar belum lama ini di kediaman dinasnya di Jalan Brawijaya Manokwari.

Laporan keuangan Pemkab Manokwari selama 4 tahun terakhir selalu mendapat opini disclaimer dari BPK. Celakanya, tidak hanya memberi peringkat opini yang buruk, BPK juga menyertakan banyak temuan yang wajib ditindaklanjuti.

Ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintahan Bastian Salabai dan Roberth Hammar (Basaroh) pada sisa satu tahun kepemimpinan mereka. Itu sebabnya, Hammar berharap, pimpinan SKPD maupun para bendahara menjelaskan semua hal yang diketahui secara terbuka kepada para auditor BPK maupun kepada Inspektorat selaku auditor internal.

“Sehingga semua itu kita bisa selesaikan secara bersama dalam sisa waktu satu tahun ini supaya kita tidak dianggap melakukan korupsi, “ lanjut Hammar.

Demi memperbaiki opini laporan keuangan, Pemkab Manokwari telah meneken kerjasama dengan BPK dan BPKP Perwakilan Papua Barat untuk mendampingi semua SKPD dalam hal pengelolaan keuangan.

“Kita sudah tandatangan kerjasama untuk bagaimana selesaikan semua temuan itu dan juga dengan neraca-neraca keuangan terutama aset untuk perbaiki opini keuangan itu, “pungkas orang nomor dua Pemkab Manokwari ini. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan