Rumah warga yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter yang mengguncang Sorong Raya

Wakil Rakyat Papua Barat Kunjungi Korban Gempa Sorong

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Gempa bumi yang menguncang Kota Sorong dan sekitarnya, Jumat pekan lalu, mengundang keprihatinan anggota DPR Papua Barat. Gempa tersebut mengakibatkan puluhan warga terluka, beberapa diantaranya dirawat inap, sementara hampir 3 ribu rumah dilaporkan rusak.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Papua Barat Robert Manibuy mengatakan, seluruh wakil rakyat DPR Papua Barat pada 25 September lalu, ramai-ramai mengunjungi lokasi terdampak gempa di Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Raja Ampat yang dibagi dalam 3 tim.

Kunjungan tersebut selain dimaksudkan untuk memantau langsung korban jiwa dan kerusakan, juga mengumpulkan data lapangan, termasuk untuk memberikan bantuan material kepada para korban.

Robert yang merupakan ketua tim untuk Kabupaten Sorong, mengatakan, bantuan spontanitas yang diberikan sekitar 16 anggota tim tersebut dalam bentuk 500 zak semen dan 25 karton mie instan. “Bantuan itu merupakan spontanitas tim,” ujar Robert, kemarin.

Inisiatif anggota DPR Papua Barat ini lahir karena dalam dokumen belanja DPR Papua Barat tidak ada anggaran khusus yang bisa dipakai untuk membantu korban bencana alam, sementara bencana alam menuntut respon cepat. | RASYID FATAHUDIN