Bupati Manokwari Bastian Salabai menyerahkan materi KUA-PPAS APBD 2015 kepada Ketua DPRD Manokwari Dedi S. May di kantor DPRD Manokwari, Sowi Gunung, Sabtu (27/12/2014) Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Waktu Sempit, DPRD Pesimis Kualitas APBD 2015 Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Ketua DPRD Manokwari Dedi S May menyatakan pesimismenya terkait kualitas APBD 2015 karena sempitnya waktu yang dimiliki pihak legislatif dan eksekutif untuk membahas Rancangan APBD Manokwari tahun 2015.

Pernyataan ini disampaikan dalam sambutan penyerahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Penetapan Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2015 dari Pemda Manokwari kepada DPRD Manokwari, di kantor DPRD Manokwari, Sowi Gunung, Sabtu (27/12/2014).

Dedi menyatakan, sempitnya waktu akan membuat kualitas APBD 2015 tidak lebih baik dibanding APBD tahun-tahun sebelumnya. Itu karena waktu yang dimiliki cukup sempit untuk melakukan sejumlah rasionalisasi terhadap dokumen yang diserahkan pihak eksekutif.

“Waktu yang singkat terkadang membuat ada program strategis yang tidak masuk. Makanya saya pikir, sudah sejak ketua DPRD sebelumnya, kami selalu ingatkan jajaran eksekutif agar pembahasan agenda penting seperti APBD jangan dilakukan diakhir tahun,“ kata Ketua DPRD Dedi S. May dalam sambutannya.

DPRD bersama pihak eksekutif hanya memiliki waktu kurang efektif 3 hari untuk membahas sampai dengan mengesahkan RAPBD 2015 sebelum tutup tahun pada 31 Desember. Waktu yang mepet membuat DPRD kuatir pembahasan RAPBD 2015 menjadi tidak maksimal.

Disisi lain, apabila sampai 31 Desember, RAPBD 2015 belum ditetapkan, maka Bupati bersama anggota DPRD harus rela tidak menerima hak-hak mereka selama 6 bulan. Ini sesuai edaran Mendagri yang telah dikirim ke semua kepala daerah maupun pimpinan DPRD.

“Apakah kita bisa selesaikan pembahasan KUA-PPAS sampai RAPBD bisa diselesaikan, “ tanya politisi Golkar ini.

Seperti diketahui, Bupati Bastian Salabai dalam pertemuan resmi di Manokwari beberapa kali mengingatkan bawahannya agar segera menyerahkan rencana kerja mereka ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk segera disiapkan dan diusulkan kepada pihak legislatif. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan