WALIKOTA SORONG PANEN RAYA KEDELAI

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Bersama kelompok tani, unsur TNI, dan jajarannya, Walikota Sorong Lambert Jitmau, Jumat (21/1/2015) pagi, melakukan panen Raya tanaman kedelai diatas lahan seluas 7 hektar di Kelurahan Giwu Kota Sorong.

Dalam sambutanya, Walikota memuji para kelompok tani atas keberhasilan mereka mengembangkan tanaman kedelai di Kota Sorong, khususnya bagi kelompok tani Moi- Jawa (Moja) karena dinilai sangat berhasil pada musim tanam kali ini, dibandingkan lima kelompok tani lainnya.

Ia menyampaikan, pada tahun 2015 kemarin pemerintah telah menyediakan lahan seluas 19 hektar di Distrik Sorong Barat dan Distrik Klaurung untuk pengembangan pertanian khusus kedelai.

Selain bertujuan untuk meningkatkan sektor pertanian melalui pemberdayaan kelompok tani dan pengobtimalan lahan, juga untuk memenuhi permintaan komoditas kedelai di pasar lokal yang terus meningkat, akhir-akhir ini.

Olehnya itu, Walikota berharap, para kelompok tani dapat terus mengembangkan tanaman kedelai, agar kedepan, Kota Sorong yang selama ini hanya dikenal sebagai kota perdagangan, dari segi pertaniannya tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya.

Dari pantauan media ini, disela-sela panen raya kemarin, Walikota menyerahkan sejumlah bantuan kepada para kelompok tani, yakni satu buah mesin pompa air dan uang pembinaan sebesar Rp 100 juta.|NASIR|EDITOR : BUSTAM