Warga membubuhkan tandatangan pada kain yang dibentangkan di depan Pasar Tingkat Sanggeng Manokwari sebagai dukungan mendorong Manokwari menjadi daerah bersih dari sampah, Jumat (2/9/2016). kemarin. Foto: facebook/Ronny Doberay Mnukwar

Warga Bergerak Galang Petisi Dorong Manokwari ‘Zero’ Sampah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Manokwari, menyiapkan petisi, mendukung pencanangan program ‘Manokwari menuju zero (nol) sampah’.

Koordinator Sahabat Bumi Maikel Kondologit pada jumpa pers, Jumat (2/9/2016) mengatakan,  Sahabat Bumi bersama sejumlah LSM telah membentuk sebuah koalisi untuk mendukung program ini. Pihaknya pun siap terlibat agar program tersebut terwujud.

“Petisi akan kami sampaikan kepada DPRD dan Bupati Manokwari. Petisi sudah siap, pekan depan akan diserahkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, program tersebut bagus dan bisa menjadi solusi jika semua pihak konsisten. Namun, ia menilai hingga saat ini di Manokwari belum memiliki peraturan daerah mengenai kelembagaan dan tata kelola sampah.

Koalisi yang terdiri dari Sahabat Bumi KOMARI, Forum Penanggulangan Bencana (FPB), KAMUKI dan Mahasiswa telah merumuskan empat poin pernyataan yang ditujukan bagi DPRD dan Pemkab Manokwari.

Empat petisi tersebut yakni meminta Pemda dan DPRD membentuk Perda tentang Kelembagaan Pengelolaan Sampah, Pemda dan DPRD segera mengambil langkah konkrit untuk membentuk Perda tentang tata kelola sampah, meminta bupati untuk segera membentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pengelola sampah.“Poin keempat kami meminta bupati untuk membentuk Perda Rencana Induk Tata Kelola Sampah dengan melibatkan masyarakat,” sebutnya.

Ia berharap Rancangan Perda kelembagaan pengelolaan sampah dan Raperda tentang tata kelola sampah dijadikan sebagai agenda prioritas pada masa sidang DPRD Manokwari tahun ini.

Menurutnya, jika Perda tidak disahkan tahun ini pengelolaan masalah sampah yang baik di daerah tersebut, akan terus molor dan menjadi masalah yang kunjung terselesaikan. (IBN)

Tinggalkan Balasan