Ilustrasi. (Foto : Malangtimes.com)

Warga Desak Bus Sekolah Kembali Dioperasikan

WASIOR, Cahayapapua.com—- Permintaan agar bus sekolah kembali beroperasi seperti beberapa tahun lalu kembali disuarakan warga. 

Warga kampung Ramiki, Manopi dan  Iriati, tiga kampung yang berada di distrik Wasior meminta DPRD Teluk Wondama mendorong Pemda agar mendatangkan bus sekolah yang baru sebagai sarana antar jemput anak sekolah.

Permintaan itu disampaikan warga dalam pertemuan dengan anggota DPRD dari daerah pemilihan I baru-baru ini di kantor kampung Manopi. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari reses.

“Kami minta supaya bus sekolah jalan lagi untuk angkat anak-anak sekolah karena sekolah jauh,” kata Nikodemus Marani, warga kampung Manopi.

Alfons Saba, warga lainnya mempertanyakan alasan satu unit bus sekolah yang sudah kembali beroperasi namun tidak untuk mengangkut anak-anak sekolah.

“Bus sekolah yang beroperasi itu cuma berapa bulan saja. Tapi sekarang kami lihat bus sekolahnya ada yang beroperasi tapi yang naik dalam bus itu kelihatan bukan anak sekolah. Tapi orang-orang yang punya gaji yang naik duduk di atas bus sekolah itu ke sana ke mari,” ujar Alfons.

Bus sekolah memang menjadi salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan warga maupun pihak sekolah. Setidaknya dalam dua tahun terakhir armada untuk angkutan anak-anak sekolah itu tidak lagi beroperasi. Kondisi bus yang rusak dan tidak laik jalan akibat minimnya perawatan diklaim sebagai penyebabnya.

Wakil Bupati Paulus Y. Indubri kepada pers beberapa waktu lalu mengakui bus sekolah menjadi salah satu perhatian utama Bupati Bernadus Imburi bersama dirinya sebagai upaya untuk memperbaiki mutu layanan pendidikan.

Sebenarnya ada satu unit bus sekolah yang sudah bisa beroperasi kembali. Namun kondisinya dinilai tidak layak, Wabup tidak mengijinkan armada itu difungsikan untuk angkutan anak sekolah.

Bupati Badu Imburi sendiri telah menetapkan pengadaan bus sekolah sebagai salah satu program prioritas pada APBD tahun 2017.(BRV)

Tinggalkan Balasan