Rumah Layak Huni (RLH)

Warga Distrik Manokwari Selatan Butuh Rumah, Jalan dan Air Bersih

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Masyarakat Distrik Manokwari Selatan meminta pemerintah Kabupaten Manokwari, membangun saluran air bersih, jalan antar kampung dan rumah layak huni bagi warga di distrik tersebut.

Hal ini disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari, Yunus Indowek, setelah melakukan kunjungan ke distrik itu beberapa waktu lalu.

“Masyarakat Kampung Wamesa dan Maripi, Distrik Manokwari Selatan sungguh kasihan, mereka kesulitan untuk mendapat air bersih, karena daerah tersebut merupakan daerah rawa, sehingga air dari sumur galian semuanya berwarna merah dan bau pecek, sehingga tidak bisa dikonsumsi,”kata Yunus, Senin (21/9/2015).

Sementara terkait rumah layak huni bagi warga di distri itu, dia berharap hal itu menjadi perhatian utama pemerintah daerah. Yunus menyebut, di wilayah ini, satu rumah dihuni oleh tiga hingga enam kepala keluarga. “Sebagian besar seperti itu, jadi, jumlah anggota keluarga dalam satu rumah bisa mencapai 20 orang,” kata Yunus menambahkan.

Persoalan ini lanjut Yunus, dapat terlihat dari data jumlah penduduk. Dimana jumlah penduduk di wilayah ini tidak sebanding dengan persebaran rumah warga.
Sementera terkait jalan antar kampung dan jalan lingkungan, kata Yunus, selama ini pembangunan jalan yang dilaksanakan Pemda belum menyentuh distrik tersebut. |MUHAMMAD RIZALDY