Ilustrasi BBM Ilegal, (metrosulawesi.com)

Warga Minta 2 Drum BBM yang Ditangkap Polda Dikembalikan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Warga Manokwari Selatan meminta Polda Papua Barat melepas dua drum BBM yang ditangkap baru-baru ini di Manokwari. Warga menyatakan BBM tersebut milik para petani yang akan digunakan untuk mengoperasikan mesin pembajak sawah.

Pernyataan ini disampaikan dalam acara tatap muka warga Manokwari Selatan bersama Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Royke Lumowa Rabu kemarin.

“Kami mohon bapak kapolda bisa melepas BBM tersebut, karena BBM itu dipakai para petani untuk mesin traktor di Manokwari Selatan. Itu bukan BBM industri,” terang salah warga dalam pertemuan itu.

Menanggapi hal itu Kapolda mengatakan akan melihat kembali letak permasalahan dan pelanggaran hukum dari BBM tersebut. “Yang pasti saya tidak bisa menjawab disini. Saya harus lihat dulu letak pelanggarannya dimana,” ujarnya singkat.

Sebelumnya Timsus Polda Papua Barat mengamankan dua drum BBM jenis solar yang dibawa oleh salah satu warga Manokwari Selatan berinisial HS. Sialnya ia tak dapat menunjukkan surat sebagai pengangkut BBM.

Sopir tersebut dijerat dengan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 pasal 53 Huruf b dan d tentang  pengangkutan dan niaga tanpa ijin. |ADITH SETYAWAN