Ilustrasi, Krisi Air Bersih

Warga Pasar Ikan di Wondama Krisis Air Bersih

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Bidang Perumahan dan Penata Lingkungan P2L Dinas PU Kabupaten Teluk Wondama, Simon Halik menyarankan warga Kompleks Pasar Ikan untuk koordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) terkait krisis air bersih.

“UPTD ini dibawah Dinas PU. Mereka yang tangani distribusi air bersih, jadi jika memang ada kesulitan air bersih bisa minta bantuan ke instansi tersebut,” kata Simon Halik saat ditemui Cahaya Papua, Senin (21/9) di ruang kerjanya.

Diungkapkan bahwa krisis air bersih merata dialami warga Kota Wasior. Oleh karena itu, saat ini gencar dilakukan pembenahan berupa penanganan jaringan saluran air bersih.

“Pengerjaan jaringan pipa air bersih sedang dilakukan bertahap. Proyek ini dibiayai oleh APBD Provinsi Papua Barat yang nanti jika sudah rampung diserahkan kepada kami (Dinas PU Wondama,red) untuk dikelola,” jelasnya.

Soal distribusi air bersih lanjut dia, UPTD membagi sumber air per wilayah. Yakni sumber air dari Kali Angris, melayani warga mulai dari Kampung Kambumi hingga Sandiway, sementara dari Miei hingga Kampung Iriati memanfaatkan sumber air dari Kali Manggurai.

“Jadi jika butuh mendesak, saran saya warga bersama kepala kampung atau ketua RT setempat koordinasi dengan Kepala UPTD untuk minta bantuan penyediaan air bersih dengan memanfaatkan mobil tangki untuk dialokasi secara rutin. Kalau tunggu jaringan terpasang ke rumah – rumah warga, itu masih butuh waktu cukup lama,” ujarnya. |ADLU RAHARUSUN