Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex.

Warga Seget minta Pelindo percepat pembangunan pelabuhan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Warga Distrik Seget Kabupaten Sorong mendesak PT Pelindo segera merealisasikan pembangunan dermaga serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam program tol laut di daerah tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat Max L Sabarofex di Manokwari, Selasa, mengatakan beberapa waktu lalu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berkunjung ke Seget untuk meninjau lokasi pembangunan infrastruktur Tol Laut tersebut.

Kepada gubernur, kata dia, masyarakat menyatakan dukungan mereka terdapat pembangunan sarana tol laut di daerah tersebut.

“Masyarakat sudah menunggu sejak pembangunan itu disosialisasikan. Masyarakat sudah menyiapkan lahan di Pulau Telemeh, mereka menanti, kapan pembebasan lahan dilakukan,” ujarnya.

Selain Pulau Telemeh, lanjutnya, pemerintah daerah setempat juga telah menyiapkan lahan di tempat lain. Pemerintah Sorong sudah menggelar pertemuan dengan masyarakat pemilik hak ulayat dan aparat kampung.

Dia mengutarakan, dukungan masyarakat atas pembangunan tersebut bahkan telah dibuat dalam pernyataan secara tertulis.

“Dalam waktu dekat kami bersama gubernur akan kembali ke Jakarta untuk menyampaikan hasil dari kunjungan ke Seget. Kami sudah menyerahkan seluruh dokumen kepada gubernur, termasuk pernyataan dukungan tertulis masyarakat adat,” sebutnya lagi.

Max menjelaskan, kawasan Seget akan menjadi pelabuhan penghubung pada program tol laut yang telah di luncurkan pemerintah pusat. Sebuah pelabuhan besar akan dibangun di daerah ini.

“Masyarakat telah menyiapkan lahan seluas 200 hektare. Mereka berharap pemerintah segera merealisasikan pembangunan ini,” sebutnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan