Ilustrasi Pelayanan Kesehatan

Warga Warkwandi Oransbari Minta PUSTU

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com– Warga kampung Warkwandi, Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, mengharap pemerintah daerah menyiapkan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan tenaga kesehatan di kampung tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua RT III dusun Warmori, Kampung Warkwandi, Yeheskel Mandacan, kepada Cahaya Papua, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, jarak dari Warkwandi, menuju Puskesmas Oransbari cukup jauh, kondisi ini membuat warganya kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan.

” Posyandu memang lancar, tapi itu hanya sekali dalam sebulan. Kalau ada warga yang butuh berobat harus menempuh jarak kurang lebih 10 km.bagus kalau ada kendaraan, kalau tidak ada, maka rencana berobat harus ditunda,” kata Yeheskel, seraya menambahkan, jaringan komunikasi di kampungnya pun masih sulit diakses.

Masyarakat, lanjut Yeheskel, siap menyediakan lahan sebagai pembangunan pembangunan Pustu itu. Warga reka menyerahkan lahan mereka secara gratis.

“Yang penting Pemda mau membantu kami, kami juga siap bekerja sama untuk menyiapkan lahan tanpa harus dibayar,” kata Anggota Satpol PP Kabupaten Manokwari Selatan ini.

Terpisah, Kepala Puskesas Oransbari, Giman, membenarkan adanya persoalan itu. Untuk mengimbangi keluhan warga, Puskesmas Oransbari menambah layanan pemeriksaan serta pengobatan menyeluruh di Posyandu

” Banyak kampung yang kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan, terutama bagi kampung yang belum dapat mengakses jaringan telekomunikasi. Posyandu di Oransbari tak hanya siapkan untuk ibu dan bayi saja. Petugas yang melakuan pemeriksaan dan pengobatan juga kita turunkan, untuk melayani masyarakat secara umum,” imbuhnya. |SOETANTO | EDITOR : TOYIBAN