Kepala Bappeda Kabupaten Manokwari, Yohan Warijo

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Manokwari, Yohan Warijo mendesak lima distrik segera melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) secepatnya.

Lima distrik yang belum melaksanakan Musrenbang, antara lain, Distrik Manokwari Barat, Manokwari Timur, Manokwari Selatan, Warmare, dan Sidey.

Warijo menjelaskan,  pada minggu kedua bulan Maret 2018, pihaknya akan melaksanakan Musrenbang tingkat kabupaten yang mana usulan Musrenbang distrik harus dimasukan bila ingin terjawab di tahun 2019.

“Jadi Musrenbang distrik di bulan Februari harus sudah selesai, karena minggu kedua bulan Maret kita sudah masuk Musrenbang Kabupaten,” jelas Warijo saat ditemui wartawan di kantornya, pekan lalu.

Dikatakan Warijo, bagi distrik yang sampai pada akhir Februari belum melaksanakan Musrenbang, maka dipersiapkan mengumpul usulan programnya ke Bappeda.

“Akhir Februari kita sudah close, tidak menerima Musrenbang lagi. Silahkan kumpul saja, karena input ke program juga membutuhkan waktu. Silahkan kumpul saja, masuk atau tidak bukan urusan,” ungkap Warijo.

Oleh sebab itu,  Warijo berharap, lima distrik yang belum melaksanakan Musrenbang dapat memanfaatkan waktu sisa di bulan Februari untuk melaksanakan Musrenbang, agar program yang diusulkan benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap 5 distrik ini bisa laksanakan Musrenbang dalam jangka waktu 3 hari. Kalau memang 1 hari itu 5 distrik bisa laksanakan lebih bagus lagi, kami dari Bappeda nanti bagi tim. Bagi distrik yang tidak melaksanakan,  silahkan cari jalan masukan program, karena kita close akhir Februari,” terang dia.

Warijo menambahkan, ketegasan terkait deadline waktu pengumpulan hasil Musrenbang distrik bukan sengaja dipercepat, tetapi karena masih banyak agenda yang harus diselesaikan agar tidak terlambat seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Sebenarnya tanggal 10 Februari Musrenbang distrik sudah bisa dilaksanakan, tetapi baru dilaksanakan beberapa hari lalu, sehingga banyak waktu yang terbuang,” tandasnya. (LISNA BOROALLO)

Leave a Reply