Hari Pers Nasional

Wartawan Manokwari Gandeng RSAL Gelar Pengobatan Gratis di Lapas

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sejumlah awak media yang tergabung dalam Solidaritas Pers  Manokwari Provinsi Papua Barat (PB) menggandeng Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Azhar Zahir Manokwari menggelar pengobatan geratis bagi narapidana Penghuni Lembaga Pemasyarakata (Lapas) Kelas II B Manokwari.

Hal itu dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2017 mendatang.

Ketua HPN 2017, Gustavo R. Wanma mengatakan, kegaiatan yang digelar hari ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut perayaan HPN. Dan selain pengobatan gratis pada kegiatan tersebut, kata dia, akan dilakukan pembagian paket koran bekas kepada warga binaan Lapas.

“Koran bekas ini, akan digunakan oleh narapidana sebagai bahan kerjianan tangan, misalnya membuat bunga dan asbak, bingkai foto dan lainnya,” jelas Wanma.

Wanma mengatakan rangkaian kegaiatan selanjutnya, yaitu Diskusi Tematik dengan tema, “Mendorong Manokwari Bebas Miras, Narkoba, dan Hoaks”.

Dalam kegiatan ini juga akan diisi oleh beberapa Narasumber. Diantaranya Kapolda PB, Brigjen Pol Martuani Sormin Siregar, Kepala BNN PB Kombes Pol Jackson Lapalonga, Kepala BI Perwakilan PB Agus Hartanto, dan Pengamat Hukum dan Sosial yaitu Ketua STIH Manokwari, Filep Wamafma, SH, M.Hum.

Diskusi tersebut akan dilaksanakan, Selasa 31 Januari 2017 (Besok) di Aston Niu Hotel sekira pukul 09.00 WIT sampai selesai. Tak hanya itu Wanma menyebutkan, bahwa dijadwalkan, Jumat 3 Februari 2017, Solidaritas Pers Manokwari bersama jajaran Fasarkan dan RSAL Manokwari, akan melakukan Bhakti Sosial (Bersih-bersih) sepanjang jalan Yos Sudarso.

“HPN kali ini, memang sederhana dan lebih kepada kegiatan sosial. Tujuannya kami ingin menyampaikan pesan moral kepada semua pihak, bahwa Pers adalah bagaian yang tak terpisahakn dengan kehidupan sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Kepala Lapas Kelas II B Manokwari, Luluh mengatakan, pihaknya sangat merespon dan mendukung kegiatan tersebut. “Di Lapas terdapat 300 Narapidana, semuanya harus diperiksa, dan pemeriksaannya tentu telah diatur sesuai protap yang ada,” tutup Luluh saat temui, di kediamannya.

Sebelumnya, Solidaritas Pers Manokwari PB bersama jajaran Kodam XVIII/Kasuari, menggelar bakti sosial membersihkan situs bersejarah di Pulau Mansinam yang juga berkaitan menyongsong HUT Pekabaran Injil. (TNJ)

Tinggalkan Balasan