Ilustrasi. Mobil Dinas Pemprov Papua Barat.

Wow… di Papua Barat Ada Pejabat Koleksi 8 Kendaraan Dinas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Ombudsman Perwakilan Papua Barat menanggapi pernyataan Gubernur Papua Barat yang terkesan baru mengetahui adanya kepemilikan empat kendaraan dinas milik Pemprov Papua Barat oleh salah satu bendahara di salah satu SKPD dilingkungan Pemprov Papua Barat.

Menurut Nortbertus, kepemilikan kendaraan dinas oleh pejabat pemerintah Provinsi Papua Barat, hasil survei pengawasan Ombudsman malah ada pejabat yang mengoleksi kendaraan dinas sebanyak delapan unit.

“Terkait pelayanan publik, kesempatan ini juga, saya soroti tentang apa yang disampaikan oleh pak gubernur saat pelantikan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Pemprov Papua Barat baru-baru ini,” ujar Nortbertus di ruang kerjanya, siang kemarin.

Soal temuan adanya bendaraha yang mengoleksi mobil dinas sebanak empat unit yang menjadi sorotan gubernur, ia menyatakan, Ombudsman pada triwulan pertama 2014 telah memuat catatan tentang kepemilikan kendaraan dinas lebih dari satu oleh pejabat pemprov.

“Temuan ombudsman pada triwulan pertama 2014, ada beberapa pejabat di provinsi menggunakan kendaraan dinas seenak mereka, mereka tidak malu, kalau mereka gunakan plat merah untuk kepentingan pribadi, bukan untuk menunjang kinerja dan tugas-tugas mereka untuk melayani masyarakat,” ketus Nortbertus.

Ia bahkan menyebutkan, temuan Ombudsman pada triwulan satu tahun 2014 itu, malah didapati ada pejabat yang memiliki kendaraan dinas sebanyak lima sampai enam unit.

“Malahan kita temukan, ada satu pejabat bisa menguasai lima sampai enam kendaraan dinas oleh pejabat, inikan serakah,” ketus dia menambahkan.

Ia meminta keseriusan gubernur memberikan ketegasan kepada inspektorat dan instansi yang menagani aset daerah, agar melakukan inventarisir atau pendataan kembali semua aset pemprov terutama kendaraan dinas.

“Jadi jangan yang kecil-kecil saja, bendahara disinggung saat pelantikan itu disoroti, dia tidak lihat yang besar-besar, tapi yang kecil dilihat, ini saran buat pak gub,” imbuh Nortbertus. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan